Cara Mencegah Perkembangan Sel Kanker Serviks

Cara Mencegah Perkembangan Sel Kanker Serviks – Kanker Serviks ini memang salah satu jenis kanker yang menyerang pada wanita pada bagian serviks atau leher rahim dan sebagai salah satu kanker pembunuh no.1 wanita dunia.  Kanker leher rahim ini menyerang pada organ reproduksi wanita, dimana organ tersebut merupakan salah satu arah pintu masuk ke rahim yang letaknya berada di uterus dan vagina. Kanker ini umumnya menyerang pada wanita yang sudah berusia 30 tahun ke atas, namun tidak menutup kemungkinan juga dapat terjadi pada usia 20 tahunan.

Cara Mencegah Perkembangan Sel Kanker Serviks

Kanker memang menjadi salah satu penyakit yang sangat ditakuti yang memberikan ancaman yang serius bagi keselamatan jiwa. Namun jangan perlu khawatir, banyak para ahli berpendapat bahwa kanker serviks ini merupakan salah satu jenis kanker yang dapat dicegah dan paling bisa disembuhkan dibanding dengan jenis kanker lainnya.

Proses Perkembangan Kanker Serviks

Sel-sel kanker melakukan penyebaran pada bibir vagina dan tumbuh secara tidak normal. Pada perubahan sel-sel tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga bisa segera dilakukan penghentian pada perkembangan sel-sel tidak normal tersebut, sebelum berubah menjadi sel kanker yang ganas.

Sel-sel tidak normal pada vagina tersebut dapat terdeteksi keberadaannya melalui salah satu tes yang dikenal dengan sebutan pap smear. Tes ini dapat mengetahui pertumbuhan dan perkembangan sel-sel pemicu kanker dengan tepat, sehingga semakin kita sering memeriksakan diri dengan pap smear ini, maka semakin kecil kemungkinan terjadinya kanker serviks.

Baca Juga : Obat Kanker Serviks

Pap smear merupakan salah satu pemerikasaan sel yang dilakukan dari leher rahim selanjutnya diperiksa dengan menggunakan mikroskop untuk melihat sel-sel yang ada pada rahim tersebut. Tes ini dapat mengetahui perubahan dan perkembangan sel yang terjadi pada leher rahim tersebut. Dalam pemeriksaan pap smear ini hanya membutuhkan waktu dalam beberapa menit saja, dan anda akan disuruh terlentang selanjutnya alat yang bernama spekulum akan dimasukan ke dalam vagina. Alat tersebut memiliki fungsi untuk membuka dan menahan vagina agar tetap terbuka, sehingga membuat pandangan pada leher rahim tampak jelas.

Sel-sel yang ada pada leher rahim selanjutnya diambil dengan cara mengusap leher rahim tersebut dengan alat yang bernama spatula, selanjutnya dioleskan pada obyek-glass dan setelah itu diperiksa ke laboratorium patalogi untuk meneliti lebih detail perkembangan sel tersebut.

Tes pap smear ini tidak memberikan rasa sakit, sehingga anda bisa melakukannya seminggu atau sebulan sekali. Tes ini sangat diperlukan untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker pada leher rahim anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s